A.
Judul Penelitian
Pengaruh
Pematangan Konsep, Kemampuan Awal Dan Kerja Keras Terhadap Hasil Belajar
Matematika Siswa SMP Tahun 2011 / 2012
B.
Pendahuluan
1.
Latar Belakang
Hasil
belajar merupakan suatu hasil yang diperoleh siswa dalam mengikuti proses
pengajaran yang dilakukan oleh guru. Sehingga hasil belajar merupakan gambaran
umum mengenai besarnya tingkat penguasaan dan pemahaman siswa terhadap materi
pelajaran yang telah diajarkan.
Matematika
merupakan ilmu pengetahuan yang diperlukan manusia dalam memenuhi kebutuhan
hidup sehari-hari, dan diperlukan juga untuk mempelajari ilmu pengetahuan
lainnya. Sehingga Matematika dijuluki sebagai ratu ilmu pengetahuan, karena
keterikatan ilmu pengetahuan yang lain dengan matematika.
Matematika terbentuk dari buah pemikiran
manusia, karena Alloh telah memberikan kelebihan tersebut pada diri manusia.
Berkaitan dengan hal ini, Ruseffendi berpendapat bahwa Matematika terbentuk
sebagai hasil pemikiran manusia yang berhubungan dengan ide, proses dan
penalaran .Sehingga Matematika itu
terbentuknya tidak luput dari kemampuan awal berfikir manusia.
Matematika merupakan ilmu pasti. Banyak orang
yang merasa mudah dalam memahami ilmu tersebut. Karena ilmu Matematika banyak
di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Namun dalam realitanya Matematika
menjadi suatu momok diantara pelajaran yang sangat ditakuti. Banyak siswa yang
merasakan bahwa Matematikan sangat sulit untuk dipahami. Hal tersebut
menyebabkan siswa malas belajar sehingga kurangnya pemahaman konsep dan
kemampuan awal setiap individu. Sehingga membutuhkan kerja keras dalam belajar
untuk memahami konsep-konsep tersebut.
Konsep-konsep
matematika bersifat abstrak, yang saling berkorelasi membentuk konsep baru yang
lebih kompleks, dan tersusun secara hierarkis, konsep yang satu menjadi dasar
untuk mempelajari konsep selanjutnya. Sehingga konsep-konsep didalam Matematika
saling berkaitan.
Cara
yang diterapkan untuk meningkatkat hasil belajar matematika adalah dengan
meningkatkan pematangan konsep matematika pada siswa , meningkatkan kemampuan
awal matematika yang dimiliki siswa, serta meningkatkan kerja keras dalam
belajar matematika. Oleh sebab itu siswa bias
percaya diri dan menumbuhkan semangat dalam proses pembelajaran
matematika. Sehingga akan berdampak dalam peningkatan hasil belajar matematika.
2. Identifikasi Masalah
Dari
latar belakang yang telah dikemukakan di atas, dapat diidentifikasikan masalah
sebagai berikut:
1.
Rendahnya hasil belajar siswa mungkin berkaiatan
dengan sulitnya belajar matematika dalam memahami konsep satu dengan konsepyang
lain.
2.
Rendahnya hasil belajar siswa mungkin berkaitan
dengan kurangnya kemampuan awal matematika yang dimiliki pada setiap individu
siswa.
3.
Rendahnya hasil belajar siswa mungkin berkaitan
dengan kurangnya kerja keras siswa dalam belajar matematikasiswa
4. Rendahnya
hasil belajar matematika siswa dikarenakan kurangnya pengeruh dari siswa,
misalkan pengaruh pematangan konsep, kemampuan awal, dan kerjakeras pada diri
sisawa
3.
Pembatasa
Masalah
Agar penelitian lebih terarah, maka permasalahan
yang dibatasi pada pengeruh
pematangan konsep, kemampuan
awal, dan kerja keras terhadap hasil belajar siswa kelas VII semester 1 SMP
Negeri 1 Sidoharjo, Sragen.
Dalam
hal ini peneliti ingin mengetahui adakah perbedaan hasi belajar matematika
ditinjau dari pengaruh pematangan konsep, karena pengaruh pematangan tersebut tentunya juga akan mempengaruhi
hasil belajar metematika. Begitu juga dengan pengaruh kemampuan awal dan kerja
keras siswa, peneliti ingin mengetahui perbedaan hasil belajar matematika pada
siswa ditinjau dari pengaruh tersebut. Ditinjau dari pengaruh pematangan
konsep, kemampuan awal, dan kerja keras, peneliti juga ingin mengetahui adakah
pengaruh dalam hasil belajar matematika dari ketiga pengaruh tersebut.
4.
Perumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan di
atas, maka masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut:
1. Adakah pengaruh pematangan konsep, kemampuan awal,
dan kerja keras terhadap hasil belajar
Matematika?
2. Adakah pengaruh pematangan konsep Matematika
terhadap hasil belajar Matematika?
3. Adakah pengaruh kemampuan awal terhadap hasil
belajar Matematika?
4. Adakah pengaruh kerja keras terhadap hasil belajar
Matematika?
5. Tujuan
Penelitian
Sesuai
dengan rumusan masalah yang diutarakan di atas, maka tujuan penelitian ini adalah :
a. Tujuan Umum
Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hasil belajar Matematika kelas 1 SMP Negeri 1 Sidoharjo, Sragen.
b. Tujuan Khusus
1. Mengetahui pengaruh pematangan konsep Matematika
terhadap hasil belajar Matematika.
2. Mengetahui pengaruh kemampuan awal terhadap hasil
belajar Matematika.
3. Mengetahui pengaruh kerja keras terhadap hasil
belajar Matematika.
4. Mengetahui pengaruh pematangan konsep, kemampuan
awal, dan kerja keras terhadap hasil
belajar Matematika.
6.
Manfaat Penelitian
Adapun
manfaat yang diharapkan dalam penelitian ini adalah :
1. Manfaat Teoritis
Adanya
penelitian ini diharapkan sebagai prinsip dalam bidang pendidikan Matematika
tentang pengaruh pematangan konsep, kemampuan awal, dan kerja keras terhadap
hasil belajar Matematika.
2. Manfaat Praktis
Secara praktis penelitian ini
diharapkan dapat memberi sumbangan bagi guru, dan pembaca tentang factor yang
mempengaruhi hasil belajar Matematika.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar