Sabtu, 12 Januari 2013

Pengaruh Pematangan Konsep, Kemampuan Awal Dan Kerja Keras Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Tahun 2011 / 2012


A.     Judul Penelitian
Pengaruh Pematangan Konsep, Kemampuan Awal Dan Kerja Keras Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Tahun 2011 / 2012

B.     Pendahuluan
1.      Latar Belakang
Hasil belajar merupakan suatu hasil yang diperoleh siswa dalam mengikuti proses pengajaran yang dilakukan oleh guru. Sehingga hasil belajar merupakan gambaran umum mengenai besarnya tingkat penguasaan dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang telah diajarkan.
 Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang diperlukan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, dan diperlukan juga untuk mempelajari ilmu pengetahuan lainnya. Sehingga Matematika dijuluki sebagai ratu ilmu pengetahuan, karena keterikatan ilmu pengetahuan yang lain dengan matematika.
Matematika terbentuk dari buah pemikiran manusia, karena Alloh telah memberikan kelebihan tersebut pada diri manusia. Berkaitan dengan hal ini, Ruseffendi berpendapat bahwa Matematika terbentuk sebagai hasil pemikiran manusia yang berhubungan dengan ide, proses dan penalaran .Sehingga Matematika  itu terbentuknya tidak luput dari kemampuan awal berfikir manusia.
Matematika merupakan ilmu pasti. Banyak orang yang merasa mudah dalam memahami ilmu tersebut. Karena ilmu Matematika banyak di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Namun dalam realitanya Matematika menjadi suatu momok diantara pelajaran yang sangat ditakuti. Banyak siswa yang merasakan bahwa Matematikan sangat sulit untuk dipahami. Hal tersebut menyebabkan siswa malas belajar sehingga kurangnya pemahaman konsep dan kemampuan awal setiap individu. Sehingga membutuhkan kerja keras dalam belajar untuk  memahami konsep-konsep  tersebut.
Konsep-konsep matematika bersifat abstrak, yang saling berkorelasi membentuk konsep baru yang lebih kompleks, dan tersusun secara hierarkis, konsep yang satu menjadi dasar untuk mempelajari konsep selanjutnya. Sehingga konsep-konsep didalam Matematika saling berkaitan.
Cara yang diterapkan untuk meningkatkat hasil belajar matematika adalah dengan meningkatkan pematangan konsep matematika pada siswa , meningkatkan kemampuan awal matematika yang dimiliki siswa, serta meningkatkan kerja keras dalam belajar matematika. Oleh sebab itu siswa bias  percaya diri dan menumbuhkan semangat dalam proses pembelajaran matematika. Sehingga akan berdampak dalam peningkatan hasil belajar matematika.
2.      Identifikasi Masalah
Dari latar belakang yang telah dikemukakan di atas, dapat diidentifikasikan masalah sebagai berikut:
1.      Rendahnya hasil belajar siswa mungkin berkaiatan dengan sulitnya belajar matematika dalam memahami konsep satu dengan konsepyang lain.
2.      Rendahnya hasil belajar siswa mungkin berkaitan dengan kurangnya kemampuan awal matematika yang dimiliki pada setiap individu siswa.
3.      Rendahnya hasil belajar siswa mungkin berkaitan dengan kurangnya kerja keras siswa dalam belajar  matematikasiswa
4.      Rendahnya hasil belajar matematika siswa dikarenakan kurangnya pengeruh dari siswa, misalkan pengaruh pematangan konsep, kemampuan awal, dan kerjakeras pada diri sisawa
3.      Pembatasa Masalah
Agar penelitian lebih terarah, maka permasalahan yang dibatasi pada pengeruh  pematangan  konsep, kemampuan awal, dan kerja keras terhadap hasil belajar siswa kelas VII semester 1 SMP Negeri 1 Sidoharjo, Sragen.
Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui adakah perbedaan hasi belajar matematika ditinjau dari pengaruh pematangan konsep, karena pengaruh pematangan  tersebut tentunya juga akan mempengaruhi hasil belajar metematika. Begitu juga dengan pengaruh kemampuan awal dan kerja keras siswa, peneliti ingin mengetahui perbedaan hasil belajar matematika pada siswa ditinjau dari pengaruh tersebut. Ditinjau dari pengaruh pematangan konsep, kemampuan awal, dan kerja keras, peneliti juga ingin mengetahui adakah pengaruh dalam hasil belajar matematika dari ketiga pengaruh tersebut.
4.      Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan di atas, maka masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut:
1.      Adakah pengaruh pematangan konsep, kemampuan awal, dan kerja keras  terhadap hasil belajar Matematika?
2.      Adakah pengaruh pematangan konsep Matematika terhadap hasil belajar Matematika?
3.      Adakah pengaruh kemampuan awal terhadap hasil belajar Matematika?
4.      Adakah pengaruh kerja keras terhadap hasil belajar Matematika?
5.      Tujuan Penelitian
Sesuai dengan rumusan masalah yang diutarakan di atas, maka tujuan penelitian ini  adalah :
a.       Tujuan Umum
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Matematika kelas 1 SMP Negeri 1 Sidoharjo, Sragen.


b.      Tujuan Khusus
1.  Mengetahui pengaruh pematangan konsep Matematika terhadap hasil belajar Matematika.
2.  Mengetahui pengaruh kemampuan awal terhadap hasil belajar Matematika.
3.  Mengetahui pengaruh kerja keras terhadap hasil belajar Matematika.
4.  Mengetahui pengaruh pematangan konsep, kemampuan awal, dan kerja keras  terhadap hasil belajar Matematika.
6.      Manfaat Penelitian
Adapun manfaat yang diharapkan dalam penelitian ini adalah :
1.      Manfaat Teoritis
Adanya penelitian ini diharapkan sebagai prinsip dalam bidang pendidikan Matematika tentang pengaruh pematangan konsep, kemampuan awal, dan kerja keras terhadap hasil belajar Matematika.
2.      Manfaat Praktis
Secara praktis penelitian ini diharapkan dapat memberi sumbangan bagi guru, dan pembaca tentang factor yang mempengaruhi hasil belajar Matematika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar